25 April 2018

Magic Lick! | Guitar Lick | Dorian Lick Idea


Kali ini saya membuat sebuah ide alur melodi menggunakan modes Dorian. Nah buat teman - teman yang belum paham apa itu modes bisa cek artikel saya Mengenal "Seven of Modes". Video tutorial beserta slow motion bisa dilihat disini.

Guitar tabulature :


Penjelasan :

Progresi yang saya gunakan adalah Am . . . | . . . . | Gm . . . | . . . . | F . . . | . . . . | Em . . . | . . . . pada bar pertama, kedua dan ketiga (Am) saya gunakan Am Pentatonic Scale karena chord Am disini saya posisikan sebagai la (nada keenam dari C, selanjutnya pada bar keempat dan kelima (Gm) saya gunakan G Dorian Scale dimana Gm saya posisikan menjadi re (nada kedua dari F). Pada bar keenam dan ketujuh, F saya posisikan sebagai fa (nada keempat dari C) sehingga saya gunakan Am Pentatonic Scale lagi. Diposisi F ini teman - teman juga bisa gunakan C Major Scale agar perbendaharaan nadanya lebih kaya. Terakhir pada bar kedelapan dan kesembilan (Em) saya isi dengan not seperenambelas (1/16) dengan E Chromatic Scale sebagai pemanis dari progresi chord ini.
Berlatihlah dari tempo terlambat dan perlahan - lahan naikan tempo hingga mencapai kecepatan yang kalian inginkan. Selamat berlatih.