01 December 2015

5 Tips Belajar Instrumen Musik




Banyak dari kita bertanya bagaimana sih caranya biar bisa main gitar? lama nggak sih belajarnya? apa sih yang buat belajar main gitar jadi sulit? Sudah belajar lama masih gini - gini aja mainnya. Oke sedikit tips dari saya. Ada beberapa hal yang harus teman - teman ketahui dalam belajar instrumen (terutama gitar) berikut adalah tips dalam berlatih instrumen.

1. Jatuh Cinta dengan Instrumen




















Sama halnya dengan mencintai cewek atau cowok yang kamu suka, jatuh cinta dengan instumen sangat penting, coba deh kalau kamu suka sama seseorang, rasanya pengen ketemu terus kan? kalau dianya hilang selalu kita cariin. Yap, analoginya sama, kamu harus jatuh cinta dengan instrumenmu terlebih dahulu. Apapun itu alasanmu motivasimu kamu harus tau kenapa kamu memilih gitar, bukan piano, atau kenapa kamu ngerasa main drum itu keren daripada main biola. Kamu harus ngerasa bahwa kamu dan instrumenmu sangat cocok, kamu harus pede dengan instrumen yang kamu pegang. Jangan lupa pertahankan rasa kagummu dengan instrumen yang kamu sukai ya. Inget kagumin satu instrumen dulu, fokus dengan pilihanmu, jangan tiap kali liet pemain gitar jago, kamu penggen nggitar, liet pemain drum jago eh tiba - tiba pengen jadi drummer, liet pemain biola nggesekin biola pengen pindah biola. Jatuh cinta dengan instrumen butuh komitmen juga sob, karena dengan komitmen yang keras kalian bakal berjuang keras buat mempelajari instrumen yang kalian pilih. Tetep bangga dengan instrumen yang kalian miliki sekarang walau brandnya nggak terkenal, harganya murahan atau apalah itu alasannya. Kalian cukup  bersyukur dengan apa yang kalian punya ya. Satu lagi soal cinta dengan instrumen. Logikanya kalau kalian lagi jatuh cinta kalian bakal ngejaga dengan baik orang yang kalian cinta kan? nah sama dengan instrumen, perlakukan mereka dengan baik, jangan asal naruh, jangan didiemin ditempat lembab dan lain sebagainya. Googling aja gimana cara ngerawat instrumen kalian,

2. Terapkan 5P (Practice, Practice, Practice, Practice & Patient)



''Practice makes Perfect'' Pernah dengar kutipan itu? oke kalau pernah ada beberapa petanyaan yang harus kalian jawab sob Seberapa keras kalian berlatih? Berapa lama waktu yang kalian luangkan untuk fokus dengan instrumen yang kalian mainkan? 2 pertanyaan seperti ini sering saya lontarkan saat memberi klinik musik dan kursus. Pastinya jika kalian memberikan waktu lebih untuk berlatih instrumen maka kalian bakal lebih mahir dalam bermain musik. Disini saya tekankan bahwa selain belajar, berlatih dan mengasah ilmu kalian juga harus bersabar dengan prosesnya. Tidak ada di dunia ini yang terjadi secara instan bahkan mie instan sekalipun kalau kalian mau ngebuat kalian harus beli kompor, gas, ambil air dan lainnya. Saran ya dari saya sebagai pengajar dan praktisi musik, minimal kalian harus berlatih kurang sekurang - kurangnya 1jam sehari, itupun menurut saya masih kurang. Isi waktu luangmu dengan berlatih musik secara fokus. Coba berlatih sebuah teknik, teori, atau hal lain sampai kalian benar - benar menguasai. Jika dirasa sudah cukup, latihlah keesokan harinya, dan pastikan kalian lebih baik dengan teknik yang kalian pelajari. Carilah materi baru dan jangan pernah puas dengan kemampuan yang kamu miliki sekarang. Saat ini kalian bisa belajar dengan banyak sekali media baik itu internet, video streaming, dvd lesson dan lainnya.

3. Bergaul dengan Pemain Musik


Oke, ini hal yang tidak kalah penting. Menambah teman yang memiliki passion yang sama merupakan hal yang wajib. Intinya dalam menjalin pertemanan dalam sebuah kominitas musik. ada hal yang wajib kalian pegang yaitu jika kalian sudah hebat jangan pernah tinggi hati, dan jika masih newbie jangan pernah minder. Kesalahan fatal jika kalian minder dengan senior yang ada di sebuah komunitas, grup atau kelompok musik. Berteman baiklah dengan siapapun agar kalian mendapat banyak ilmu dan motivasi bahkan coba tanyakan bagaimana cara senior yang ada di komunitas itu belajar. Banyak tempat untuk kalian bergaul, dari membentuk sebuah band, mengikuti ekstrakulikuler atau unit kegiatan mahasiswa atau komunitas yang ada di kota anda. Bahkan saat ini sangat banyak halaman komunitas di jejaring sosial yang anda bisa gabung kapanpun itu.

4. Mendengarkan dan Mempraktekan


''Bila anda penulis, membacalah''. Sering banget saya mendengar kutipan ini. Sebagai seorang penulis, membaca dapat menambah imajinasi anda dalam menuliskan karya baru. Semakin banyak anda membaca, maka akan semakin banyak perbendaharaan bahasa, sudut pandang yang luas serta berbagai teknik lainnya. Sama halnya dalam belajar musik sob, mendengarkan musik yang anda sukai dapat menambah banyak wawasan kita dalam bermain alat musik. Tirukan perlahan teknik, chord, ritmik yang ada pada lagu tersebut. Pelajari tiap bar ke bar dari awal lagu hingga akhir sampai kalian benar - benar menguasainya. Dengarkan dengan jeli. Jangan pernah menyerah dalam belajar, ingat sekali lagi gunakan telinga kalian dalam mempelajari lagu jangan sering - sering menggunakan mata (liet tutorial youtube, liat buku chord) sebenarnya boleh - boleh aja, tapi saya sarankan untuk lebih melatih telinga, kalau sudah mentok baru kita pakai indera penglihatan kita untuk membantu, Ada pertanyaan ''kalau misal belum bisa niruin lagunya? susah soalnya, tp saya suka'', sekali lagi jawaban dari saya ''Dengarkan, sampai kalian hafal dikepala kalian'', nantinya jika kalian sudah menguasai teknik yang sulit, karena kalian sudah hafal, kalian akan dengan mudah menerjemahkan lagu tersebut sob.

5. Manggung


Banyak sekali dari temen - temen yang baru belajar musik alergi dengan namanya panggung. Tiap kali ada panggung selalu aja nggak mau menawarkan diri buat maju, alasan yang selalu sama yaitu minder, malu sama senior atau temen yang lebih jago. Padahal panggung adalah tempat dimana kita mengekspresikan hasil belajar kita selama ini. Percuma kan kalau jago main musik di kamar tapi ternyata kalian nggak bisa nguasain panggung. Kalian sangat butuh jam terbang sob, untuk jadi seorang yang dikatakan profesional, seorang pilot harus memiliki pengalaman menerbangkan pesawat 10.000jam, atau kalau dikonversikan dengan satuan waktu, kalian harus berpengalaman 10 Tahun untuk dikatakan profesional, bagaimana caramu jadi profesional kalau panggung nggak berani kalian jamah. Cuek dengan kata orang, yang penting berlatihlah sebelum kalian manggung. Ada banyak faktor yang membuat kalian makin berpengalaman, dari faktor ampli, suasana manggung outdoor atau indoor, jack yang rusak, macem - macem deh, kalian sebagai player harus bisa menguasai panggung untuk menyempurnakan belajar musik kalian.

Mungkin sekian dulu ya share dari saya, next kalau ada yang mau tanya bisa langsung ke facebook atau komen disini, thanks musician, keep practicing and be patient.