01 August 2018

Belajar Melodi Gitar Part 3 (Hammer On, Pull Off, Legato & Tapping)


Baiklah, sekarang kita lanjutkan belajar melodi gitar part 3, dan buat yang belum baca artikel sebelumnya Belajar Melodi Gitar Part 1 dan Belajar Melodi Gitar Part 2 jangan lupa disimak juga. Ok, kalau pada 2 artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tangga nada dan teknik (bending, vibrato dan slide) sekarang ada teknik lain lagi yang mau saya bahas yaitu hammer on, pull of, legato dan tapping. Berikut penjelasan lengkapnya.


1. Hammer On
Hammer on merupakan sebuah teknik membunyikan nada pada gitar dengan cara menekannya menggunakan jari tangan kiri tanpa bantuan memetik tangan kanan (berlaku sebaliknya untuk gitaris kidal). Jelas kualitas nada yang dihasilkan berbeda dengan memetik senar seperti biasa.

2. Pull Off
Pull off merupakan kebalikan dari hammer on, teknik ini dilakukan dengan cara memetik senar dengan jari tangan kiri tanpa bantuan tangan kanan (berlaku sebaliknya untuk gitaris kidal).

3. Legato
Legato merupakan gabungan teknik hammer on dan pull of yang dilakukan secara berulang dan membentuk pola. Karena legato adalah gabungan dari hammer on dan pull of maka teknik ini sangat mengandalkan kekuatan jari tangan kiri saja (berlaku sebaliknya untuk gitaris kidal).

4. Tapping
Tapping adalah teknik untuk membunyikan nada pada gitar dengan bantuan jari tangan kanan, caranya adalah menekan senar pada fretboard dengan jari tangan kanan. Biasanya jari yang digunakan adalah telunjuk, tengah, manis, dan/atau kelingking.

Setelah kalian paham tangga nada, cobalah untuk menerapkan keempat teknik diatas. Untuk detail tekniknya kalian bisa browsing di youtube agar lebih jelas. Selamat berlatih