31 July 2018

Belajar Melodi Gitar Part 2 (Bending, Vibrato & Slide)


Setelah kalian paham materi di artikel sebelumnya Belajar Melodi Gitar Part 1, pembahasan selanjutnya adalah tentang teknik standar yang wajib kalian tahu yaitu Bending, Vibrato dan Slide. Berikut penjelasan detailnya.


1. Bending
Bending merupakan sebuah teknik dengan cara mengangkat senar secara vertikal (ke atas/bawah) dengan tujuan memperoleh nada yang lebih tinggi. Nada biasanya dinaikan setengah hingga dua nada diatasnya (Misal C menjadi C# sampai E). Teknik bending sangat sering digunakan di aliran musik apapun terutama pada gitar elektrik. Pastikan proses menaikan nada dengan cara bending tepat karena jika ragu nada yang dihasilkan tidak akan maksimal. Terdapat macam - macam teknik bending. untuk yang penasaran langsung saja browsing di youtube ya.

 2. Vibrato
Teknik ini adalah pengembangan dari bending dimana nada yang sudah dinaikan, dikembalikan ke nada asalnya dan dilakukan secara berulang sehingga menghasilkan efek suara nada naik turun dengan relatif cepat (Misal C - C# - C - C# - C - C# - C - ....). Nada yang di naikan dengan teknik vibrato berkisar setengah hingga dua nada diatasnya tergantung kebutuhan.

3. Slide
Slide merupakan teknik untuk melakukan perubahan nada dengan relatif cepat. Berbeda dengan bending dan vibrato yang hanya bisa menaikan nada, teknik ini dapat menaikan atau menurunkan nada dari nada sebelumnya dengan cara menggeser posisi jari dari fret tertentu ke fret yang dituju (Misal dari senar 2 fret 1 ke senar 2 fret 5). Teknik ini memiliki kebebasan dalam menentukan seberapa jauh kita ingin menaikan/menurunkan nada.

Cobalah untuk mencari informasi dari 3 teknik diatas dari berbagai gitaris atau genre yang kalian suka. Kemudian lakukan eksperimen dengan menggabungkan tangga nada yang sudah kalian hafal dengan ketiga teknik ini. Dijamin alur melodimu akan semakin indah. Selamat berlatih.