30 July 2018

Belajar Melodi Gitar Part 1 (Scale/Tangga Nada)


Ketika seseorang menyadari bahwa kalian adalah gitaris biasanya pertanyaan yang sering dilontarkan adalah,"Masnya gitaris ryhtm atau melodi?", saya kira itu hanya berlaku ketika dulu sekitar tahun 2000an, ternyata masih ada saja pertanyaan semacam itu.

Karena keingintahuan yang tinggi, saya mencoba menanyakan apa yang menyebabkan mereka bertanya demikian. Tak sedikit yang menjawab bahwa bermain melodi itu susah. Saya juga kurang paham kenapa hal ini terjadi, karena bagi saya entah bermain rhytm atau melodi pastinya ada tingkatan terendah dan bagian yang sulit. Saya akan berbagi sedikit tips darimana kita belajar bermain melodi dalam beberapa part.

Pada part 1 saya akan menjelaskan basic membuat alur melodi menggunakan Scale/Tangga Nada. Pertanyaan yang kerap muncul adalah,"Tangga nada apa saja yang digunakan?". Jawabannya tergantung kebutuhan dan kepiawaian kalian dalam bermain gitar. Untuk teman  - teman yang masih mengawali bermain musik saya menyarankan untuk mencoba menghafalkan pola Major Scale dan Minor Pentatonic Scale di semua nada dasar dan di semua posisi yang mana kedua tangga nada ini dikenalsebagai tangga nada sejuta umat. Untuk detailnya seperti apa kalian tinggal browsing di youtube saja agar lebih simple karena jika ditulis di artikel ini jurstru akan membosankan.

Setelah kalian hafal 2 tangga nada tersebut coba terapkan tangga nada tersebut kedalam sebuah progresi chord. Contohnya jika terdapat progresi C . . . | Am . . . | Dm . . . | G . . . kalian bisa gunakan C Major Scale dan/atau A Minor Pentatonic Scale. Mainkan secara urut terlebih dahulu dan coba rasakan setiap notasi yang kalian mainkan dalam progresi tersebut. Jika sudah bisa merasakan setiap notasi tersebut cocok dengan tangga nada yang kalian gunakan, mulailah bermain dengan not dengan tidak urut sesuai dengan eksperimen kalian.

Bagi teman - teman yang berada di level menengah mungkin 2 tangga nada ini menurut kalian kurang menantang. Sekarang saatnya kalian mencoba bermain dengan tangg nada lainnya seperti Minor Harmonic Scale, Minor Melodic Scale, Whole Tone Scale, Whole Half Diminished Scale, Half Whole Diminished Scale, Chromatic Scale dan tangga nada lainnya. Ingat jangan hanya terpaku pada teori dan logika, karena sekali lagi bermain musik adalah perpaduan rasa dan logika. Selamat belajar.